Buat anda para fresh graduate, mencari lowongan pekerjaan adalah tantangan terbesar yang akan anda hadapi. Bukan hanya anda saja yang membutuhkan pekerjaan, tetapi seluruh masyarakat dari berbagai macam umur mencari lowongan agar sesegera mungkin memiliki pekerjaan. Hal ini tentu mengejutkan untuk anda karena kehidupan sebenarnya adalah saat anda terjun ke lapangan mencari pekerjaan.

Saat mencari lowongan pekerjaan banyak cara yang dapat anda lakukan, salah satunya dengan bertanya melalui contact person yang tertera di selebaran lowongan pekerjaan. Namun sayangnya para calon pekerja tersebut kerap salah bersikap dalam menanyakan lowongan tersebut sehingga menimbulkan kesan yang buruk terhadap HRD. Terlebih lagi saat bertanya melalui sosial media kepada orang yang belum anda kenal.

Padahal kesan pertama adalah salah satu kunci keberhasilan anda dalam memiliki hati seseorang serta memudahkan anda dalam memiliki pekerjaan tersebut. Tentu anda tidak mau memiliki kesan yang buruk bukan? Jangan takut serta risau, karena melalui tulisan ini Kami akan memberikan suggestions jitu untuk anda yang mau menanyakan lowongan pekerjaan melalui sosial media:

1. Memulai Obrolan Dengan Mengucapkan Salam Serta Perkenalan Diri

mengucapkan salam dan memperkenalkan diri

Memulai obrolan dengan mengucapkan salam terdengar sangat klasik serta sederhana tetapi dalam pengimplementasian masih banyak calon pekerja yang tidak menghiraukan hal tersebut. Terkadang para calon pekerja lebih mendahulukan pertanyaan apa yang mau mereka ketahui hingga lupa untuk memulai obrolan dengan mengucapkan salam.

Selain mengucapkan salam, anda juga harus memperkenalkan dirimu dahulu. Anda dapat memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama, alamat, pendidikan, alasan, serta lain sebagainya. Jadi, meski anda sangat penasaran mengenai lowongan tersebut tetap jangan lupa untuk mengucapkan salam serta perkenalan diri ya! Percaya diri itu penting tetapi etika adalah hal yang utama.

2. Ingat, Gunakan Bahasa Formal Saat Bertanya Lowongan Pekerjaan!

bahasa formal saat bertanya lowongan pekerjaan

Dalam menanyakan lowongan pekerjaan, untuk menunjukan profesionalitas anda harus menggunakan bahasa yang formal. Karena dengan menggunakan bahasa formal merupakan salah satu cara kita untuk menghargai lawan bicara kita. Musuh bicara kita pun akan merasa nyaman saat bertukar pesan dengan kita sehingga hal ini akan membentuk kesan yang baik untuk anda.

Selain itu, dalam menggunakan bahasa formal hindari pula penggunaan kata singkatan. Dengan anda menyingkat kata, perusahaan akan berpikir anda tidak profesional serta tidak sungguh-sungguh. Jadi tulis kalimat yang lengkap ya!

3. Catat! Tanya Lowongan Pekerjaan Di Saat Jam Kerja

tanya lowongan pekerjaan di jam kerja

Bertanya di saat jam kerja adalah salah satu etika untuk anda bertanya mengenai lowongan pekerjaan. Hal ini karena HRD akan aktif saat jam kerja mereka serta selain waktu kerja tersebut merupakan waktu untuk istirahat mereka. Meski hal ini terkesan sepele, tetap saja merupakan suatu etika yang harus anda terapkan dalam bertanya.

Dengan anda menghubungi HRD di saat jam kerja akan lebih besar kemungkinan pertanyaanmu terbalas dengan cepat, karena jam itulah HRD mempunyai tanggung jawab atas seluruh pekerjaan mereka.

4. “Terima Kasih” Jangan Ketinggalan Loh!

ucapkan terima kasih

Setelah anda bertanya serta memiliki data yang anda inginkan jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih. Karena dengan anda mengucapkan terima kasih anda telah menghargai data yang anda dapat dari lawan bicaramu. Musuh bicaramu tentu akan merasa dihargai serta senang saat mendapat ucapan terima kasih darimu. Jadi jangan melupakan ucapan terima kasih ya!

Itulah beberapa suggestions jitu untuk anda yang mau menanyakan lowongan pekerjaan. bertanya akan sesuatu yang tidak anda ketahui itu baik, tetapi jangan pernah lupakan etika bertanya terhadap lawan bicaramu ya sobat