Anda mau sekali memiliki pekerjaan sehingga kadang mengirim lamaran pekerjaan ke berbagai perusahaan. Namun anda perlu mengingat bahwa dalam melamar pekerjaan, kita harus tetap mengedepankan etika. Kita kadang menemukan bahwa para calon pekerja sudah mulai melupakan pentingnya etika dalam kehidupan, dibuktikan dengan banyaknya kesalahan yang terjadi saat melamar kerja.

Padahal etika merupakan level penting HRD dalam menilai apakah calon kandidat tersebut cocok atau tidak. Ability yang anda punyai memang sangat penting, tetapi untuk etika, itu merupakan poin utama. Apabila anda mau terhindar dari kesalahan tersebut, Anda dapat mendalami artikel ini untuk lebih mengetahui etika apa saja yang dibutuhkan dalam melamar pekerjaan:

1.  Utamakan Kejujuran Dalam Memberikan Data Diri

berikan data diri yang valid saat melamar pekerjaan

Tentu anda sudah mengetahui cara membuat CV bukan? Nah, dalam hal ini anda perlu meningkatkan kepercayaan diri dengan memberikan data diri cocok dengan fakta. Anda tidak perlu untuk memberikan data yang tidak cocok atau bahkan merekayasa data diri anda.

Dengan anda sanggup untuk memberikan data diri cocok fakta, tentu akan mempermudah anda dalam menjalani pekerjaan apabila lulus dalam lamaran tersebut. Selain itu, HRD akan mempercayaimu karena kejujuran yang anda punyai. Meski hal ini terdengar sederhana, kejujuran tetaplah menjadi poin utama!

2.  Melamar Melalui Email? Jangan Lupa Buat Mencantumkan Topic Electronic mail!

pakai subject email saat melamar melalui email

Melamar pekerjaan dapat melalui berbagai media, salah satunya adalah melalui e-mailE-mail tentu merupakan salah satu media yang sangat mudah serta berguna, terlebih lagi untuk para fresh graduate yang tengah mencari pekerjaan. Namun dalam melamar pekerjaan melalui e-mail juga terdapat etika tersendiri loh!

Dalam melamar pekerjaan melalui e-mail hal yang kadang terlupakan adalah menuliskan topic yang terdapat pada e-mail. Dengan menggunakan topic, lamaran yang anda kirim akan menjadi lebih jelas serta tentunya membuat HRD menjadi lebih mudah dalam melihat e-mail anda. Jadi, jangan lupa untuk menulis topic e-mail.

3.  Saat Melamar Pekerjaan, Satu E-mail Jangan Buat Banyak Perusahaan!

melamar pekerjaan dengan ebrbagai email letter

Anda pasti pernah menemukan para calon pekerja yang mengirimkan satu e-mail ke banyak perusahaan. Padahal hal itu tidak dianjurkan karena kualifikasi perusahaan dalam menemukan kandidat pekerja berbeda-beda. Apabila anda mengirimkan satu e-mail untuk berbagai macam perusahaan tentu hal tersebut tidak cocok dengan ketentuan. Maka jangan malas untuk menuliskan e-mail yang berbeda di setiap perusahaan ya!

4.  Jangan Lupa Buat Membikin Surat Lamaran Yang Formal

tulis surat lamaran yang formal

Bagian ini merupakan bagian paling dasar dalam melamar suatu perusahaan. Anda harus membuat surat lamaran yang formal serta cocok ketentuan. Dalam penulisan surat lamaran pun anda tidak perlu menambahkan berbagai data yang tidak cocok, cukup tuliskan isi surat formal secara standar.

5.  Tunjukkan Bahwa Anda Memang Antusias Melamar Pekerjaan Tersebut!

antusias dengan pekerjaan yang dilamar

Sebagai calon pekerja yang telah melamar pekerjaan, anda harus menunjukan keantusiasan untuk bekerja di perusahaan tersebut. anda harus menjadi pribadi yang responsif serta cepat tanggap. Kerap-seringlah untuk memeriksa sosial media yang telah anda cantumkan di CV anda, agar apabila terdapat panggilan dari HRD anda dapat meresponnya dengan baik serta cepat.

Selain itu, tunjukan pula bahwa anda mempunyai komitmen yang kuat untuk bekerja di perusahaan tersebut. jangan lupa untuk tetap merawat etika dalam membalas panggilan yang dikirimkan oleh HRD. Dengan begitu HRD tentu akan melihat poin plus yang anda miliki.