Portofolio kerja merupakan kumpulan lampiran yang terlampir ketika anda melamar sebuah pekerjaan. Entah mendaftar sebagai calon karyawan pada instansi swasta ataupun pemerintahan. Adapun tujuan portofolio ini untuk memberikan suatu pertimbangan bagi perusahaan tersebut dalam menilai diri anda dari segi ability serta kapasitas yang anda miliki.

Bagi beberapa profesi, mempunyai portofolio serta menyertakannya ke dalam surat lamaran kerja merupakan hal yang penting sebagai bukti hasil kerja. Tapi sayangnya, tak sedikit pula yang masih merasa kesulitan serta tidak tahu cara membuat portofolio yang tepat agar excellent.

Agar tidak salah langkah, simak ulasan ideas jitu berikut ini agar portofolio kerja anda outstanding!

1. Pilah Portofolio Kerja yang Cocok

Portofolio Kerja Outstanding
Memilah portofolio

Langkah awal yang dapat anda lakukan adalah memilah isi portofolio yang cocok dengan pekerjaan yang anda lamar. Meski seluruh pekerjaanmu dilakukan dengan tidak sembarangan serta usaha yang maksimal. Namun jangan memilih semuanya sebagai portofolio.

Sebaiknya, pilihlah hanya hasil-hasil terbaik yang memang memuaskan bagimu. Jangan sampai memasukkan hasil yang menurutmu tidak terlalu bagus. Sesuaikan juga portofolio yang cocok dengan pekerjaan yang anda lamar.

Apabila kesulitan dalam memilihnya, cobalah untuk mengingat mana hasil kerjamu yang memiliki banyak pujian. Dengan menyajikan hasil terbaik, tentunya dapat membuat kemampuan serta keterampilan tampak semakin menonjol, bukan?

2. Kumpulankan Ulasan Bagus Portofolio Kerja Anda

Menyertakan ulasan atau testimoni terhadap sebuah karya

Dalam menyelesaikan pekerjaan, tak jarang akan memiliki ulasan atau testimonial mengenai hasil pekerjaanmu. Meski kadang klien lupa memberikannya, anda dapat meminta secara sopan agar menambah nilai plus serta menumbuhkan tingkat percaya orang lain terhadap kemampuanmu.

Bahkan, meskipun anda baru saja mempunyai beberapa klien serta ulasan, hal ini tetap dapat membantu meningkatkan narasi kredibilitas untuk calon klien ataupun perusahaan yang akan menggunakan jasamu.

3. Buatlah Portofolio Menjadi Lebih Sederhana

Membikin portofolio secara sederhana

Berikutnya saat membuat portofolio anda harus memastikan telah membuatnya sederhana. Apalagi dalam menunjukkannya secara daring, sebaiknya anda membuat portofolio yang gampang ditemukan dengan menaruhnya dalam satu halaman yang sama.

Anda juga dapat membuat satu halaman net dengan judul “Portofolio” atau “Work Pattern” sebagai sarana menunjukkan hasil kerjamu. Halaman ini harus berisi seluruh portofolio yang anda miliki tanpa perlu berpindah-pindah ke halaman lain. Ini berguna agar orang lain dapat dengan mudah mengakses jejak hasil kerjamu.

4. Hindari Memasukkan Portofolio Usang

Portofolio Kerja Outstanding
Memperbaharui isi portofolio

Hindari memasukkan portofolio anda yang sudah usang atau lama. Portofolio usang berarti hasil pekerjaanmu yang sudah terlalu lama atau sudah berumur lebih dari tiga tahun.

Biasanya, portofolio tersebut sudah tidak relevan lagi dengan kemampuanmu saat ini serta juga sudah tidak relevan dengan keadaan tren, teknik, serta teknologi yang sedang berjalan di masa kini. Jadi pastikan hanya memasukkan portofolio terbarumu yah.

5. Deskripsikan Diri serta Hasil Kerja

Portofolio Kerja Outstanding
Memberikan keteragan terhadap karya di dalam portofolio

Memang, portofolio yang sudah anda kerjakan merupakan aspek penting yang dijadikan orang lain dalam menilai bagaimana hasil pekerjaanmu. Namun, terkadang orang yang mau merekrutmu juga mau mengetahui siapa dibalik pekerjaan tersebut. Jadi, anda dapat mendeskripsikan diri sendiri serta juga hasil kerjamu dalam portofolio yang anda buat.

Nah, itu tadi ulasan seputar ideas jitu agar portofolio kerja anda excellent. Portofolio memang cara untuk menunjukkan kemampuanmu pada suatu bidang. Namun bagaimana caramu menceritakannya serta membangun branding produk akan menambah nilai bagus dalam membuat calon klien atau pewawancara untuk memutuskan apakah akan bekerja denganmu. Siapkan portofolio terbaikmu yah.