Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan tahap wawancara sebelum bekerja di sebuah perusahaan. Dalam sebuah wawancara bukan berarti anda dapat memilih pertanyaan yang HR berikan kepada anda secara asal-asalan. Jawaban yang asal-asalan justru akan merugikan anda, bukannya lolos, anda bahkan mencemari namamu sendiri. Simak kesalahan saat wawancara kerja yang wajib anda ketahui agar dapat anda hindari.

1. Minim Persiapan

minim persiapan merupakan kesalahan saat interview
Persiapan yang kurang matang 

Minim persiapan saat tahap wawancara dapat menjadi awal dari kesalahan pada saat memilih wawancara. Anda dapat saja memilih secara tidak realistis atau bahkan melantur. Jawaban-jawaban yang melantur tidak dapat dimengerti oleh pewawancara sehingga HR menganggap anda tidak paham. Nah, untuk menghindari hal tersebut anda dapat melakukan persiapan sebelum wawancara dilakukan, agar jawaban-jawaban anda cocok dengan pertanyaan yang diberikan.

2. Rendah Diri

salah satu kesalahan saat interview adalah rendah diri
Tak percaya diri

Kesalahan saat wawancara berikutnya yang mungkin tidak anda sadari adalah rendah diri. Merasa diri tidak sanggup. Pada saat wawancara rasa rendah diri ini harus anda hindari dengan cara memilih pertanyaan cocok dengan kemampuan anda.

Meskipun setiap manusia mempunyai kekurangan anda tidak perlu menonjolkan kekurangan tersebut, anda cukup mengatakan kekurangan anda serta bagaimana cara anda mengatasinya. Jadi, anda sudah melakukan drawback fixing terhadap permasalahan anda. Hal yang bagus anda lakukan adalah mencari solusi bukan merenungi kekuranganmu lantas merasa diri anda tidak baik dari orang lain. Tetap percaya diri serta percaya atas kemampuan anda.

3. Berlebihan

Terkesan berbohong

Berlebihan dalam memilih pertanyaan wawancara juga harus anda hindari. Saat pertanyaan yang diberikan adalah tentang kemampuan anda. Jawablah dengan jawaban yang menggambarkan bagaimana diri anda tanpa menambah-nambahkan hal yang tidak perlu.

Apabila anda memilih berlebihan yang tidak cocok kemampuan anda, pada saat anda sudah bekerja serta ternyata kemampuan anda tidak seperti yang anda katakan pada saat wawancara, anda sendiri yang akan merasa kesusahan.

4. Tak Tertarik

Tak antusias

Pada saat wawancara berlangsung gestur atau gerak tubuh anda sebagai orang diwawancarai akan tampak. Posisi tubuh atau gerak tubuh yang lesu menandakan anda tidak tertarik pada wawancara tersebut serta terkesan anda tidak serius pada pekerjaan yang sedang anda lamar. Hal seperti ini, justru menjadi hal yang dapat mempengaruhi hasil dari wawancara, dapat saja menjadi alasan anda tidak lolos pada perusahaan yang anda lamar meskipun pengalaman anda sudah banyak.

5. Berbicara Kasar

Bersikap tidak sopan

Berbicara kasar memang tidak sopan, entah pada hari-hari biasa apalagi pada saat wawancara. Kata-kata kasar ini justru memberi kesan anda tidak dapat menghargai orang lain. Wawancara akan berlangsung dengan seseorang yang sudah lama bekerja di perusahaan tersebut dapat HRD, atau bahkan manajer yang memang tidak anda kenal. Serta saat anda berkata kasar dapat, anda dapat merusak persona dirimu sendiri.

6. Menjelek-jelekkan

kesalahan saat interview terakhir
Jangan merendahkan orang lain

Hal berikutnya yang wajib anda hindari adalah menjelek-jelekkan kantor lama anda, atau kantor lain. Apabila anda melakukan hal ini, HR akan melihatmu sebagai sosok yang tidak dapat menghargai perusahaan lain, padahal dapat saja perusahaan tempat anda bekerja akan melakukan kemitraan dengan perusahaan yang anda jelek-jelekkan.

Jadi ketika mau menyanjung, puji saja perusahaan yang anda lamar tanpa menjelek-jelekkan yang lain.