Pada saat sesi wawancara, pasti HRD yang akan menanyakan berbagai pertanyaan untuk anda. Bagaimana kalau anda yang memberikan pertanyaan kepada HRD. Eits, jangan kebingungan begitu, hal itu sangat wajar pada sesi wawancara. Apabila anda sudah hampir selesai, biasanya HRD akan menanyakan “apakah ada pertanyaan untuk kami?”.

Saat anda memiliki pertanyaan seperti ini, jangan ragu untuk bertanya. Tetapi bagaimana kalau tidak ada yang mau ditanyakan? Boleh juga, tetapi alangkah baiknya kita menanyakan sesuatu kepada HRD selagi terdapat kesempatan. Jadi jangan khawatir serta jangan risau sobat! Melalui artikel ini, kami akan mengajak anda untuk mengenali pertanyaan apa saja yang dapat anda berikan kepada HRD. Yuk kita simak bersama!

1Anda Boleh Mengajukan Soal Mengenai Perusahaan

ajukan pertanyaan tentang perusahaan

Anda berhak loh untuk mengajukan pertanyaan mengenai perusahaan yang anda lamar. Anda juga dapat bertanya mengenai budaya yang ada di perusahaan tersebut. Selain itu, anda juga dapat menanyakan mengenai bagaimana cara kerja perusahaan, visi, misi, serta tujuan perusahaan, serta sistem penilaian perusahaan terhadap kinerja para pegawai. Dengan anda mengenal lebih dalam perusahaan, tentu membuat anda menjadi lebih siap serta percaya diri untuk bekerja.

2. Tanyakan Kriteria Pegawai Perusahaan Tersebut

pertanyaan tentang kriteria pegawai perusahaan

Pada setiap perusahaan, pasti terdapat kriteria yang menjadi acuan perusahaan. Nah, anda dapat menanyakan kriteria tersebut kepada HRD, bagaimana para pekerja yang berada di perusahaan tersebut. dengan menanyakan hal tersebut anda menjadi lebih paham mengenai nilai utama perusahaan serta anda dapat mempersiapkan hal tersebut.

3. Ajukan Soal Tentang Posisi Nan Anda Lamar

ajukan pertanyaan tentang posisi yang kamu lamar

Anda juga dapat menanyakan posisi yang anda lamar loh! Tanyakan mengenai pekerjaan serta tantangan yang terdapat pada posisi tersebut. Anda juga dapat bertanya mengenai berapa jumlah pelamar yang menginginkan posisi tersebut serta kriteria penilaian para pelamar di mata HRD.

Selain itu, anda juga dapat menanyakan perihal bagaimana cara perusahaan mengembangkan para pekerja yang berada di posisi tersebut. Hal ini karena pada dasarnya perusahaan mempunyai program pengembangan untuk para inner perusahaan. Jadi, jangan lupa untuk mengenali lebih dalam posisi anda melalui HRD ya!

4. Tanyakan Mengenai Tim Kerja Di Perusahaan

tanyalah tentang tim kerja di perusahaan tersebut

Seperti yang kita ketahui bahwa kerja tim mempunyai peran yang begitu besar dalam perusahaan. Nah, anda dapat menanyakan mengenai bagaimana cara kerja tim yang ada di perusahaan, seberapa besar tim kerja perusahaan, serta cara tim dapat melakukan kerjasama dengan pihak lain. Selain itu, anda juga dapat bertanya apakah peran kerja tim tersebut lebih banyak dibandingkan dengan kerja perseorangan.

5. Tanyakan Seberapa Akbar Asa Pada Posisi Tersebut

tanyakan tentang besar harapan posisi yang kamu lamar

Perusahaan pasti telah memberikan harapan cocok posisi yang ada di perusahaan. Anda dapat bertanya mengenai seberapa besar harapan perusahaan pada posisi yang anda lamar. Anda juga dapat bertanya mengenai jenjang karir posisi serta pencapaian yang mau dicapai oleh perusahaan beberapa waktu kedepan. Dengan anda mengetahui hal tersebut anda pasti dapat mempersiapkannya dengan baik.

6. Eits, Jangan Lupa Tanyakan Masa Pengumuman

tanyakan tentang waktu pengumuman

Nah, ini pasti pertanyaan yang anda tunggu-tunggu. Ingat untuk jangan melupakan pertanyaan ini ya! Melalui pertanyaan tersebut tentunya akan membuat anda menjadi lebih tenang dalam menunggu ketidakpastian HRD serta tentunya anda tidak merasa dighosting!

Itulah beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk bertanya kepada HRD. Apabila anda pernah melewatkan momen tersebut, jadikan pelajaran untuk memperbaiki diri lagi ya!