nterview atau wawancara kerja merupakan tahapan yang sudah tak asing lagi bagi para job seeker. Namun, umumnya mereka hanya fokus pada tahapan interview HR semata dan melupakan kehadiran interview user. Padahal, user ini juga berpengaruh lho terhadap lolos atau tidaknya kamu saat interview. Apalagi, biasanya user ini adalah orang yang nantinya akan menjadi atasanmu jika kamu lolos pada tahap ini. Berbeda dengan pertanyaan interview HRD. User akan memberikan pertanyaan yang lebih teknikal tentang pengalamanmu bekerja selama ini. Untuk menentukan apakah kamu memang layak atau tidak. Nah, untuk itu KEPO-in yuk empat contoh pertanyaan interview user ini!

1. Pertanyaan Interview User Terkait Pengalaman Proyek

Pertanyaan interview user
Menjawab pertanyaan interview

Mungkin pertanyaan ini sebelumnya sudah HR ajukan saat kamu mengikuti interview bersama HRD. Namun, tak menutup kemungkinan akan ditanyai lagi oleh user. Tujuan dari user menanyakan ini adalah untuk melihat kompetensimu selama bekerja dan memberikan penilaian tentang proyek yang sukses kamu lakukan.

Di saat inilah kamu harus bisa menggambarkan sebaik mungkin proyek yang sukses kamu kerjakan mulai dari masalah, solusi dan peran serta pencapaian apa yang kamu lakukan di proyek tersebut. Deskripsikan proyekmu sebaik mungkin di depan user.

2. Pertanyaan Interview User Tentang Skill Kamu

Pertanyaan interview user
Menyiapkan dan mencocokkan skill

Ada baiknya sebelum mendatangi tempat interview, kamu sudah mencocokkan deskripsi lengkap skills yang perusahaan butuhkan dengan skills yang kamu miliki. Sebab bila dalam beberapa skills kamu merasa kuat atau unggul itu bisa menjadi pertimbangan user menerima lamaranmu.

Deskripsikan skills yang kamu miliki dengan percaya diri. Tunjukkan bahwa kamu memang unggul dalam skill tersebut, dan layak serta cocok dengan posisi yang kamu lamar. Hubungkan skills yang kamu miliki dengan pengalaman serta pencapaian yang telah kamu peroleh.

3. Interviewer Bertanya Alasan Pindah Kerja

Menyiapkan jawaban dari pertanyaan terkait pekerjaan sebelumnya

Biasanya seorang user memiliki keingintahuan yang lebih besar dari HRD. Mereka ingin melihat bahwa rekam jejak kandidat bisa menjadi karyawan yang dapat perusahaan andalkan. Tak heran bila mereka penasaran untuk mengetahui alasan kamu resign dari pekerjaan sebelumnya.

Nah, yang perlu kamu ingat adalah untuk tidak menceritakan tentang keburukan bos di kantor lamamu bila itu yang membuatmu resign atau pengalaman buruk dengan rekan kerja. Hal ini justru hanya akan membuatmu dipandang negatif oleh user. Fokuslah pada hal-hal positif yang ingin kamu bangun dengan melamar pekerjaan baru sehingga user juga akan mendapat pengaruh positif dari jawaban tersebut.

4. User Bertanya Gaji yang Diharapkan

Menanyakan gaji yang diinginkan

Pertanyaan tentang gaji memang selalu datang umumnya dari user. Sebab merekalah yang bisa menilai seberapa sulit pekerjaan yang kamu hadapi di tempat baru, serta skills yang kamu miliki. Umumnya, informasi besaran gaji sesuai dengan posisi yang dilamar dapat dengan mudah kamu temukan di internet.

Jika saat negosiasi gaji, user merasa keberatan dengan besar yang kamu minta, mereka akan dengan mudah tidak meloloskan ku. Jadi, pastikan kamu telah melakukan riset-riset besar gaji, posisi serta perusahaan yang kamu lamar yah.

Itulah beberapa contoh pertanyaan interview user yang kerap kali muncul dalam proses perekrutan. Setelah kamu menjalani proses ini, sekarang saatnya untuk menunggu hasil. Selama menunggu, kamu dapat mengirimkan ucapan terima kasih melalui email.