Wawancara merupakan salah satu momen kegiatan yang penting untuk para pelamar kerja. Terlebih lagi para recent graduate, pasti akan sangat senang apabila memiliki panggilan untuk wawancara oleh HRD. Dengan percaya diri kalian pasti akan berusaha semaksimal mungkin untuk sanggup memilih pertanyaannya. Akan tetapi, pelamar seringkali menganggap sepele berbagai kesalahan sederhana yang terjadi.

Padahal dapat saja masalah tersebut sangat penting di mata HRD. Tentu anda tidak mau gugur karena kesalahan sederhana bukan? Oleh karenanya, melalui tulisan ini kami akan mengajak anda untuk mengetahui lebih mendalam apa saja kesalahan wawancara yang kerap terjadi :

1.  Saat Wawancara Jangan Terlambat!

jangan terlambat saat interview

Siapa yang kerap menyepelehkan ketepatan waktu dalam kegiatan? Mulai sekarang perbaiki kebiasaan tersebut ya! Ketepatan waktu merupakan salah satu kesalahan sederhana tetapi sangat penting untuk HRD. Dengan anda terlambat datang, anda akan terkesan tidak disiplin serta tidak serius untuk bekerja di perusahaan tersebut. Anda juga akan mendapat kesan yang buruk bagi HRD.

Anda tidak mau bukan mendapat kesan yang buruk. Oleh karenanya, apabila anda telah mendapat undangan untuk melaksanakan wawancara usahakan jangan sampai terlambat ya!. Anda harus sanggup menunjukan kualitas diri anda dengan datang tepat waktu.

2.  Persiapan Kurang Matang Membikin Performa Berkurang

kurang persiapan

Kesalahan berikutnya adalah para pelamar kerja tidak melakukan persiapan dengan baik. Mereka sudah merasa percaya diri akan kemampuan yang mereka punya, tetapi hal ini tentu tidak cukup. Terlebih lagi apabila anda merasa cemas saat wawancara, tentu hal ini akan mempengaruhi performa mu.

Maka sebelum wawancara akan lebih baik kalau anda mempersiapkan dirimu dengan baik. Anda dapat menggali data lebih mendalam mengenai posisi serta perusahaan yang anda lamar. Selain itu, anda juga dapat berlatih wawancara dengan mempersiapkan berbagai jawaban yang kemungkinan akan ditanyakan oleh HRD.

Dengan anda berlatih serta mempersiapkan dengan baik, rasa cemas saat wawancara akan berkurang serta membuat anda menjadi lebih percaya diri. Jadi, jangan lupa persiapkan diri ya sobat.

3.  Kesalahan Dalam Berpenampilan

penampilan tidak sopan saat interview

Saat melakukan wawancara anda jangan lupa untuk memperhatikan penampilanmu. Karena penampilan adalah gambaran kesan pertama diri anda untuk orang lain. Maka anda harus menghadirkan kesan yang baik melalui penampilanmu yang baik. Jangan lupa untuk menggunakan pakaian yang formal saat wawancara ya!

4.  Etika Tak Dijaga Saat Wawancara Berlangsung

wtika tidak dijaga

Saat melakukan wawancara tetaplah merawat etika serta sopan santun. Hal ini merupakan hal yang sederhana tetapi seringkali terlupakan oleh para pelamar kerja. Jangan lupa juga untuk memberikan bahasa tubuh yang baik saat wawancara. Ciptakan suasana yang baik serta nyaman sehingga membuat suasana wawancara menjadi mengesankan.

5.  Akhir Sesi Tak Memberikan Soal Buat HRD

tidak bertanya di akhir sesi intervview

Seringkali di sesi terakhir wawancara, HRD akan bertanya kepadamu “apakah ada yang mau anda tanyakan?”. Pada saat itu, anda jangan menolak untuk bertanya. Anda dapat menunjukan keseriusanmu melalui pertanyaan yang akan anda ajukan untuk HRD. Bangunlah komunikasi yang baik  dengan bertanya mengenai perusahaan tersebut maupun posisi  serta pekerjaan yang anda lamar.