Saat menghadapi interviewer, tentu kamu ingin terlihat keren dan profesional, kan? Untuk mewujudkannya, maka dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan perlu menerapkan prinsip metode STAR. Melalui metode ini, yakin deh kamu bakal sukses wawancara kerja!

Penggunaan metode ini lebih cocok dalam menjawab pertanyaan behavioral interview question. Dari jawaban yang kamu berikan, pewawancara akan menilai apakah kamu cocok untuk posisi yang dilamar atau tidak. Kali ini, kami bakal bahas selengkapnya mengenai metode STAR. Mulai dari pengertian, konsep, dan contoh cara menjawab. Mari simak baik-baik ya!

1. Apa Itu Metode STAR?

metode star untuk wawancara

Metode STAR adalah merupakan teknik yang tepat dalam mempersiapkan diri sebelum wawancara, umumnya membahas mengenai perilaku dan sikap dalam menghadapi situasi tertentu. Melalui strategi ini, kamu dapat mempersiapkan solusi dari permasalahan yang kemungkinan muncul dalam lingkungan kerja.

Saat interview, terkadang pewawancara memberikan suatu contoh masalah dan meminta kamu untuk menyelesaikannya. Metode STAR ini akan membantu kamu menjawab dengan lebih terstruktur dan menunjukkan bagaimana kamu mengatasi tantangan demi mendapatkan hasil yang baik.

2. Konsep Metode STAR

konsep dari metode star

Selain memberikan contoh masalah konkret, gunakan metode STAR dalam menjawab pertanyaan yang pembukaannya seperti “tantangan seperti apa yang pernah kamu alami sebelumnya”, “berikan saya contoh…”, “pernahkah kamu…”, dan lainnya. Jawablah dengan runtut agar pewawancara dapat memahami dengan baik.

  • Situation

Pertama, menceritakan situasi setelah pewawancara mengajukan pertanyaan. Konteksnya yaitu dapat berupa lingkungan atau rekan kerja, kesalahan yang kamu perbuat, dan tekanan dari perusahaan. Jelaskan secara spesifik dan ringkas namun tetap jelas.

  • Task

Beritahu tanggung jawab kamu pada situasi tersebut. Mengharuskan kamu untuk mengambil alih sebuah proyek dalam tenggat waktu pendek, harapan perusahaan terhadapmu, atau menghadapi konflik, dan lainnya.

  • Action

Jelaskan juga bagaimana cara menghadapi, menyelesaikan, atau menangani situasi yang terjadi. Ceritakan apa latar belakang mengambil tindakan tersebut. Fokus pada dirimu bukan menyampaikan kontribusi orang lain.

  • Result

Terakhir, paparkan bagaimana hasil yang kamu terima setelah menyelesaikan masalah atau tantangan tersebut dan kesesuaiannya dengan harapan, faedah untuk diri  sendiri, atau manfaat untuk pengembangan diri.

3. Contoh Cara Menjawab Pertanyaan Menggunakan Metode STAR

contoh metode star untuk wawancara

Berikut contoh menjawab pertanyaan dengan metode STAR berdasarkan Indeed:

Pertanyaannya adalah ceritakan kesalahan yang pernah kamu lakukan dan bagaimana penyelesaiannya.

  • Situation

Saya seorang anak magang di sebuah perusahaan, ketika itu salah satu klien terkenal sedang menyelenggarakan acara pribadi dan saya memiliki tanggung jawab untuk melakukan pemesanan karangan bunga. Sewaktu itu, saya salah mengirimkan karangan bunga karena terdapat acara lain yang berlangsung secara bersamaan.

  • Task

Saya harus menemukan jalan keluar secepat mungkin karena bertepatan dengan jadwal perusahaan yang padat.

  • Action

Setelah menimbang-nimbang berbagai macam cara untuk menyelesaikan masalah, saya menghadap bos dan mengakui kesalahan saya. Setelahnya, menyampaikan bagaimana rencana dan alasan saya memilih jalan itu sebagai yang terbaik.

Akhirnya, saya istirahat siang lebih awal, mengambil karangan bunga tersebut ke tempat yang salah, dan mengirimkannya ke tempat di mana bunga itu harusnya sampai satu jam sebelum acara.

  • Result

Klien tidak mengetahui kesalahan itu dan bos saya berterima kasih.

4. Hal yang Perlu Kamu Persiapkan

Hal yang disiapkan untuk wawancara

Bersumber dari Indeed, inilah beberapa hal yang perlu kamu persiapkan:

  • Meninjau Deskripsi Pekerjaan

Carilah informasi sebanyak mungkin mengenai kualifikasi atau keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan yang kamu inginkan.

  • Mengumpulkan Contoh-Contoh Pertanyaan Spesifik Mengenai Posisi Kerja

Cari tahu juga kemungkinan pertanyaan yang akan muncul terkait posisi kerja. Jika bisa, pelajari situationtaskaction, dan result atas pemecahan masalah.

  • Buat Daftar Penanganan Berbagai Tantangan

Bila sudah berpengalaman, buatlah daftar berbagai tantangan yang pernah kamu hadapi. Selanjutnya, jangan lupa untuk melakukan praktek metode STAR sesuai dengan penjelasan di atas, ya!

  • Latihan Berbicara

Berlatihlah untuk melafalkan jawaban tersebut, entah itu sendiri atau bersama dengan orang lain. Hal ini agar kamu dapat memastikan jawaban yang singkat dan jelas, tentunya jadi lebih percaya diri.

Itulah penjelasan mengenai metode STAR yang bikin kamu sukses wawancara kerja yang biasanya jadi trik jitu untuk menarik perhatian pewawancara. Gambaran bagaimana kamu menyelesaikan dan menyikapi masalah akan terlihat dari teknik ini.